silimakuta 170216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 108, angka yang very lucky untuk saya, saya mencoba membuat cappuccino menggunakan kopi yang diproses secara basah dari Sumatra, dan menurut saya salah satu kopi yang paling special di Indonesia ini. Kopi yang akan saya gunakan adalah kopi arabika Sumatra Silimakuta yang kita roast ditingkat kematangan medium 4 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan merupakan mix Bourbon dan S-Lini. Menariknya kopi ini adalah saya pertama kali mendengar dan mencoba kopi ini dari teman saya di Australia, dan rasanya wow seperti meledak didalam rongga mulut saya. It’s a shame karena kita harus mengetahui kopi kita yang benar- benar bagus dari orang yang tinggal di luar negeri.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat yang luar biasa, dengan sedikit aroma kulit jeruk tapi tercium manis sekali. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso yang terlihat kental sekali mulai menetes dengan warna kuning keemasan. Dan setelah saya peroleh 25ml, tuas saya matikan dan espresso untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso dan akhirnya cappuccino saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma coklat tercium manis sekali, dan setelah kopi diminum terasa sedikit spicy dengan rasa coklat yang seperti meledak didalam rongga mulut, mengingatkan saya akan salah satu brand coklat terkenal yang memiliki sensasi rasa seperti ini, dan diakhiri dengan rasa manis sekali. Sayang sekali tadi saya tidak sempat untuk mencicipi espressonya sebelum dicampur susu. Benar benar kopi yang bagus sekali dan selalu akan masuk dalam rekomendasi untuk milkbased drinks.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam.

Apabila tertarik mencoba, kopi arabika Sumatra Silimakuta tersedia dalam bentuk biji maupun bubuk disini dan greenbean disini dan tentunya free untuk dicoba di tempat kami.