blend 160216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 107, saya akan mencoba membuat cappuccino menggunakan kopi blend kami yaitu kopi seasonal blend #1 yang kami roast 11 hari yang lalu. Blend ini merupakan mix/ campuran dari kopi arabika Toraja Sapan dan kopi arabika Flores Manggarai yang sudah cukup terkenal dikalangan pecinta kopi Nusantara. Kedua kopi ini di proses basah dan merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin. Sebelum disangrai kedua kopi kami grader agar ukuran nya seragam sehingga hasil roasting/ sangrai bisa rata dan konsisten dan kami blend/ mix setelah roasting.

Ok langsung saja ke proses pembuatan nya. Pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma tropical fruit dan karamel yang manis sekali. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes dan terlihat kekentalannya seperti madu dan setelah diperoleh 27 gram (per cup single) tuas dari mesin espresso saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar dari cappuccino untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, dan setelah susu terlihat silky saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma choco karamel tercium cukup manis lebih dominan dari aroma tropical fruit yang mulai menghilang. Setelah cappuccino saya minum, terasa gurih sekali dan terasa cukup creamy dengan rasa choco dan karamel manis yang tercampur dengan pas dan di akhir terasa seperti habis makan dried plum. Blend yang keren menurut saya dikarenakan cukup cocok untuk dinikmati sebagai espresso, long black maupun milkbased drinks.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Dikarenakan jumlah yang terbatas, untuk sementara seasonal blend hanya available untuk pemesanan offline (via Whatsapp & BBM), untuk online, akan segera kita update link nya setelah supply mulai datang lagi.