blend 150216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 106, saya akan mencoba membuat cappuccino menggunakan kopi seasonal blend #1 kita. Blend ini adalah mix dari kopi arabika Flores Manggarai dengan kopi arabika Toraja Sapan yang di roast di tingkat kematangan city+/ medium dan di blend post roasting. Kedua kopi ini diproses basah dan merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat dengan aroma tropical fruit yang cukup manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah mesin espresso dihidupkan, espresso yang berwarna keemasan mulai menetes dan terlihat cukup kental. Setelah diperoleh 25 gram, tuas dari mesin espresso saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar cappuccino untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan dan kemudian susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah ready. Hmm tercium tropical fruit dengan choco karamel yang manis sekali.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma tropical fruit masih tercium dengan tambahan choco karamel yang manis sekali. Setelah kopi saya minum, terasa acidity yang sudah di cut oleh susu sehingga kopi terasa gurih dan diakhiri dengan rasa choco karamel yang manis. Problem terbesar dari blend adalah hasil yang inconsistent karena sebagai contoh kalau kita mix kopi A dan B dengan komposisi 50%:50%, sewaktu kita mengambil 20 gram dari dalam coffee bag, belum tentu kita dapat mengambil pas 10gram kopi A dan kopi B, dan ini yang membuat kami kurang nyaman mengeluarkan blend plus membuat blend juga bukan sekedar mencampur bean A dan bean B, karena tiap beans memiliki tingkat kelarutan yang berbeda dan ketika dicampur bisa jadi yang satu sudah optimal ekstraksinya dan bean satunya masih under extract.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Untuk sementara seasonal blend hanya available untuk pemesanan offline (via Whatsapp & BBM), untuk online, akan segera kita update link nya.