sapan 110216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 104, saya akan menggunakan kopi yang saya yakin cukup dikenal dikalangan pecinta kopi Nusantara karena kopi ini juga pernah memenangkan lelang kopi nasional dengan harga yang fantastis. Kopi yang akan saya gunakan sore ini adalah kopi arabika Toraja Sapan yang merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan di proses basah. Sore ini saya masih menyajikan kopi ini dalam bentuk cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Langsung saja keproses pembuatan nya. Pertama saya timbang 20 gram biji kopi Toraja Sapan ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini untuk dapat menghasilkan espresso yang optimal dan manis. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma buah nanas yang sudah kuning sekali dengan aroma manis karamel yang cukup menarik sekali. Kemudian proses dose tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes, dengan warna coklat keemasan dan terlihat cukup kental dan creamy. Setelah diperoleh 25ml (total 50ml, jadi ada 2 cups), tuas saya matikan dan espresso sore ini sudah ready dan siap untuk dicampur dengan susu. Selanjutnya susu mulai saya proses stretch dan panaskan kemudian setelah susu ready, sus saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya espresso saya sudah siap untuk dinikmati sore ini.

OK, gimana ya rasanya dan aromanya? Aroma buah nanas yang sudah kuning sekali sudah berkurang intensitasnya karena bercampur susu tapi kopi sekarang lebih beraroma karamel coklat yang cukup manis. Setelah kopi saya minum, terasa cukup gurih sekali, dengan sedikit hint of acidity dan selanjutnya terasa cukup creamy didalam rongga mulut dengan finish seperti habis makan milk chocolate yang manis tertinggal agak lama. Menurut saya kopi ini pas untuk dinikmati di sore hari pas hujan seperti sekarang ini.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja Sapan  ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini