lintong 100216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 103 ini saya akan menggunakan kopi Lintong yang berbeda dari Lintong biasanya yaitu kopi arabika Lintong Dolok Sanggul yang kami roast 10 hari yang lalu ditingkat kematangan medium atau kita sering menyebutnya city+. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin diproses basah dan setiap kali di cupping selalu mengingatkan saya akan jajanan dodol yang terasa full caramel dan manis. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang selalu membuat saya penasaran.

Untuk membuatnya pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusan nya telah di set sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi tercium aroma karamel manis dengan sedikit aroma pepper. Setelah biji kopi digiling, dilanjutkan dengan proses dose-tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes dan terlihat intensitas nya seperti madu dan berwarna coklat kekuningan. Setelah diperoleh 25ml, tuas saya matikan dan espresso untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan dan setelah susu siap, saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma karamel tercium manis sekali, dan setelah kopi diminum, saya teringat akan permen karamel yang sering saya makan sewaktu kecil, kopi terasa persis seperti karamel manis dengan sedikit acidity yang membuat kopi ini menjadi gurih dan terasa manis sampai akhir cup. Tanpa terasa cangkir saya sudah habis, dan dalam hati saya mengucapkan terimakasih kedalam cangkir kopi yang sudah habis atas kemampuannya untuk mengingatkan saya akan permen yang pernah saya makan sewaktu saya masih kecil.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Lintong Dolok Sanggul, greenbean dapat dibeli disini dan roasted bean/ bubuk dapat dibeli disini