flores 050216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 101, saya akan mencoba menyajikan kopi arabika yang lumayan populer di kalangan penikmat kopi di internal Amstirdam Coffee termasuk saya sendiri, yaitu kopi arabika yang berasal dari Flores Manggarai yang kami roast 3 hari yang lalu ditingkat kematangan city+/ medium dan merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin. Yang menarik mengenai kopi ini adalah aroma coklat yang tercium sewaktu first crack terjadi, dan aroma ini cukup jelas. Sore ini kopi masih tetap kami sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang terus membuat saya penasaran. (tapi yang terpenting tetap aroma dan citarasa kopi itu sendiri)

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi ini digiling, tercium aroma coklat sesuai ekspektasi saya dan tercium cukup lama dan ada tambahan aroma yang manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan kopi mulai menetes, untuk mendapatkan rasa yang special kita buat kopi lebih encer dari biasanya (i.e. gilingan lebih kasar) dan setelah diperoleh 28gram, tuas mesin espresso kami matikan dan espresso dengan aroma coklat sudah siap. Selanjutnya susu saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah siap untuk sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma coklat tercium manis sekali, dan percaya atau tidak kalau mata saya ditutup pasti saya ngomong ini adalah aroma dari high quality hot chocolate. Setelah diminum terasa kekentalan yang pas sekali untuk hot chocolate, dan rasa chocolate tertinggal lama sekali didalam rongga mulut, mengingatkan saya akan the best hot chocolate yang pernah saya minum sewaktu di Sydney yang meninggalkan rasa chocolate cukup lama didalam rongga mulut. Kopi ini sudah lebih dari sempurna untuk dinikmati sebagai single origin baik tanpa susu ataupun dengan susu dan kami selalu merekomendasikan kopi ini untuk pemula, karena rasa coklat itu hampir semua orang bisa mendefinisikan nya dengan mudah.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini