raung 040216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang special yaitu yang ke 100, saya akan mencoba membuat cappuccino menggunakan kopi yang cukup terkenal dari Jawa Timur dan sudah cukup sering memenangi perlombaan kopi di tingkat nasional maupun Internasional. Kopi yang akan saya gunakan adalah kopi arabika Jawa Raung yang berasal dari gunung Raung, diproses basah dan di sangrai dengan profile roast medium/ city+ yang lebih pas untuk espresso tanpa merubah waktu secara total. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai milk based drink sekalian untuk latihan membuat latte art, hehehe lumayan penasaran untuk buat tulip.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma coklat yang cukup dominan dan tercium aroma daun jeruk sedikit (keffir leaf). Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes, dan kali ini tidak terlihat sekental biasanya, warna krema lebih kuning dan setelah diperoleh 26ml, tuas saya matikan, dan karena penasaran takutnya gilingannya kurang halus,saya coba minum espresso yang keluar dari spout satunya lagi dan to my surprise, espresso terasa manis sekali, dan ada rasa chocolate yang manis dengan acidity yang pas menurut saya untuk bisa di cut sama susu. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan akhirnya cappuccino saya sudah ready untuk sore ini dan akhirnya tulipnya mulai terlihat wujudnya.

Dari segi citarasa dan aroma, aroma chocolate tercium mengundang selera sekali, setelah diminum terasa chocolate tapi lebih banyak dark chocolatenya daripada susunya, dengan textur yang pas setelah tercampur susu dan diakhiri dengan rasa manis yang bertahan cukup lama. Saya pribadi lebih senang dengan profile yang baru ini daripada profile sebelumnya karena rasanya lebih memiliki clarity dan sweetness terutama di espresso.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kopi arabika Jawa Raung ini tersedia dalam jumlah terbatas, apabila tertarik dapat dibeli disini