Arabika Jawa 10 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Arabika Jawa 10 hari post roast disajikan sebagai cappucino

Dalam coffee journey hari ini, untuk menemani coffee break saya di hari Senin yang lumayan mendung di kota Malang tercinta ini, saya mencoba menggunakan kembali Kopi Arabika Jawa atau yang lebih dikenal sebagai Java Arabica yang freshly roasted pada tanggal 7 Feb, jadi masih fresh sekitar 10 hari post roast. Kopi tetap saya sajikan sebagai cappucino dikarenakan cara pembuatannya yang ngga ribet tapi tetap menghasilkan kopi dengan citarasa dan aroma yang saya suka.

Langsung ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram biji kopi lalu saya masukkan kedalam grinder, dan proses grind-dose- tamp di mulai. Dry aroma yang menonjol adalah asam jawa mendekati jeruk/ citrus dengan aroma manis dari karamel. Selanjutnya saya angkat tuas mesin espresso saya dan kopi mulai terlihat menetes kental seperti madu. Setelah terkumpul sekitar 30ml dalam 30 detik, susu saya stretch dan panaskan. Setelah itu susu dicampur kedalam gelas yang telah berisi espresso sebelumnya.

Aroma espresso yang tercium masih tetap asam jawa mendekati jeruk manis ditambahkan dengan aroma karamel yang manis. Kopi cappucino saya minum dan terasa aroma asam jawa dan karamel ditambahkan dengan body yang tipis dan mungkin karena jumlah susunya yang kebanyakan, tingkat acidity yang rendah. Aftertaste masih tetap ada sedikit aroma dark chocolate yang cukup menarik. Overall menurut saya citarasa yang kurang menonjol dikarenakan susunya yang kebanyakan sewaktu penyajian. Besok rencananya akan saya coba lagi apabila kopinya masih ada yang tersisa.

Anyway selamat melanjutkan aktivitas kembali dan salam Amstirdam.

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini