Cara Membedakan Kopi Luwak Asli Dengan Kopi Luwak Palsu Bagian 1

Saya sebagai pecinta kopi kerap kali melakukan experimen kopi untuk menemukan perbedaan yang mendasar antara kopi luwak asli dan kopi luwak palsu.

Coba bertanya pada produsen kopi atau penjual kopi luwak dengan pertanyaan “Apakah kopi luwak anda asli?” Jawabannya pasti “Iya, kopi luwak kami asli, bersertifikat dan berkualitas tinggi”. Ini adalah jawaban umum yang sering kali dilontarkan. Apakah jawaban ini bisa meyakinkan anda untuk  membeli produknya?

Lalu apa sih perbedaan kopi  luwak asli dengan kopi luwak palsu yang semakin marak beredar untuk meraup keuntungan? Pertanyaan ini akan lebih sulit untuk dijawab jika kita tidak mengerti tentang kopi luwak. Dari pengalaman, saya akan menjawab mulai dari yang paling mendasar yaitu; Perbedaan dalam bentuk fisik.

Perbedaan ini bisa kita lihat jika kopi luwak masih dalam bentuk fases baik basah maupun kering, ini adalah paling mendasar untuk membuktikan kopi luwak dengan kopi non luwak.

Bagaimana jika kita tidak bisa melihat bentuk fesesnya? Karena kopi luwak yang kita dapatkan sudah dalam bentuk biji hijau (green bean). Yang harus dilakukan jika biji sudah dalam bentuk green bean adalah periksa kulit ari biji kopi.

Kulit ari kopi luwak asli akan lebih mudah terkelupas bahkan sangat gampang untuk melepasnya seoalah-olah tidak menempel pada biji kopi. Jika kulit ari susah untuk dilepas bahkan tidak bisa dilepas dari biji kopi maka kemungkinan besar kopi luwak tersebut palsu alias kopi non luwak.

Gambar kulit ari kopi luwak asli

cara membedakan kopi luwak asli dengan kopi luwak palsu

Kulit Ari Kopi Luwak Asli

Bagaimana jika kita tidak bisa membuktikannya melalui kulit ari karena biji kopi luwak yang kita dapatkan/beli sudah dalam bentuk biji yang disangrai?

Tunggu jawabannya pada artikel selanjutnya! Saya akan bahas lebih spesifik.