apakah anda sukses

apakah anda sukses

Tak terasa tips usaha ini sudah masuk ke edisi yang ke 4. Seperti yang saya katakan pada edisi sebelumnya, menjadi pengusaha ataupun entrepreneur itu gampang- gampang susah. Sering kali ide- ide kita yang menurut kita itu brilliant dianggap sebagai sesuatu yang menyimpang di sekitar kita terutama apabila lingkungan disekitar kita kurang mendukung. Banyak yang bilang bahwa menjadi pengusaha itu ‘it’s a lonely journey’ (istilah kasarnya itu kesepian), dan perlu saya akui sendiri bahwa hal ini 80% benar. Semua ide cemerlang yang muncul itu keseringan adalah yang melawan arus, sebagai contohnya mineral water Aqua, bayangkan apa yang dirasakan oleh pendiri perusahaan ini sewaktu mengutarakan idenya ke keluarga/ teman- temannya beberapa puluh tahun yang lalu. Kemungkinan besar ide ini ditertawakan. Tapi satu hal yang dilakukan oleh pendirinya waktu itu adalah yakin dengan apa yang beliau mimpikan dan maju terus. Dan bisa anda bayangkan seberapa besar perusahaan ini sekarang dan hampir semua rumah di Indonesia memiliki dispenser yang menggunakan produk dari perusahaan ini.

Keyakinan akan mimpi kita itu penting sekali. Semua orang yang sukses itu ‘believe in their dreams’, dan setiap momen dari hidup mereka dihabiskan untuk mewujudkan mimpi- mimpi mereka. Namun ada kalanya kita merasa down, karena respons dipasaran tidak seperti yang kita harapkan dan disinilah kadang kita perlu meyakinkan diri kita sendiri dengan beberapa statement atau kata-kata positif seperti “saya sukses’ , ‘saya kaya’, ‘semua usaha/ bisnis yang saya lakukan pasti sukses’, ‘saya pantang menyerah’, dll.

Ada kalanya sewaktu kita membuat statement positif tersebut itu suara hati kita seperti menentang, sebagai contohnya apabila saya bertanya ke diri saya sendiri ‘apakah saya sukses’ kadang suara hati kita itu menentang dengan mengatakan ‘sukses gimana, wong mau upgrade mesin saja masih mikir-mikir?’. Dan somehow pertanyaan ini membuat kita down lagi atau lebih kecewa.

Belum lama ini saya menemukan trik yang dinamakan ‘afformations’ di temukan oleh Noah St John (linknya disini) dimana kita bisa merubah statement ini menjadi seperti ini ‘mengapa saya sukses’ dan otomatis suara hati kita akan mencari jawaban mengapa saya sukses dan bukan menentang anda lagi. Jawaban dari suara hati anda berganti ke ‘karena anda telah memiliki usaha yang sukses, atau karena anda …..’ dan bisa dikatakan bahwa suara hati anda juga mengakui bahwa anda sukses. Coba kita praktek kan dengan pertanyaan yang lain ‘apakah anda kaya’ jawaban dari suara hati pasti menentang, tapi kalau pertanyaaan dari statement nya diganti ke ‘mengapa anda kaya’ secara otomatis suara hati anda akan mengakui bahwa anda kaya dan mencari alasan mengapa anda kaya.

Coba para pembaca sekalian praktek-anĀ  dan kalau ada pertanyaan atau komentar bisa di comment dibawah.

Selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam.